Sekilas Tentang Pantai


Sekilas uraian Tenang Pantai : Pantai adalah dataran yang berbatasan langsung dengan laut, pantai merupakan sebuah kata dari bahasa Indonesia yang bisa dimaknai atau diartikan sebuah kawasan atau wilayah dimana lokasi tersebut berbatasan langsung dengan laut. Pantai sebagai wilayah yang mempunyai lokasi terdekat dengan laut akan terpengaruh oleh lautan, baik suhu, karakteristik alamnya, maupun cuaca. Pada umumnya kawasan pantai mempunyai suhu panas terutama pantai yang terletak di wilayah beriklim tropis dengan 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, sangat berbeda dengan pantai yang berada di dekat wilayah kutub dengan pantai berhawa dingin, dan air lautnya sering membeku.

Pada umumnya wilayah pantai yang terdekat dengan laut berupa kawasan berpasir dengan warna dan karakteristik pasir yang berbeda, hal ini dikarenakan pengaruh dari alam sekitarnya, pasir pantai dari satu wilayah kemungkinan tidak akan sama, pantai satu dengan kawasan pantai yang lain. Warna pasir pantai dipengaruhi oleh alam sekitar pantai, beberapa hal yang mempengaruhi diantaranya, seperti karang disekitar laut, biota laut, dan daratan sekitar pantai. Sebagai contoh sebuah pantai dengan pasir putih karena terpengaruh banyaknya karang laut disekitarnya yang terkikis oleh gelombang laut hingga terbawa ke tepi batas antara daratan dan lautan sehingga membentuk dataran baru berupa pasir berwarna putih.

Beberapa pantai mempunyai warna-warna pasir unik,
- Pantai Berpasir Putih
- Pantai Berpasir Hitam
- Pantai Berpasir Berwarna Biru
- Pantai Pasir Berwarna Coklat, merah dan banyak lagi.

Defini pantai sebagai garis batas antara lautan dan daratan merupakan kawasan atau dataran yang terbentuk dari waktu ke waktu cukup lama karena pengaruh gelombang, angin, dan alam sekitarnya sehingga membentuk kawasan dengan karakteristik sendiri yang akan berbeda dengan daratan lainnya.

Garis Pantai suatu wilayah akan selalu berubah dari waktu ke waktu ada kalanya semakin luas datarannya ada kalanya makin menjorok ke darat, hal ini juga karena beberapa yang mempengaruhi, seperti gelombang laut, angin, kerusakan alam sekitar pantai, perubahan alam, bencana alam, dan pemanasan global karena mencairnya es di Kutub sehingga semakin naik permukaan air laut mengakibatkan daratan menjadi kawasan perairan laut baru.

Abrasi Pantai

Abrasi Pantai karena kerusakan ekosistem sekitar pantai merupakan hal yang sangat berpengaruh terlihat dan sering dijumpai, penebangan pohon-pohon sekitar pantai merupakan hal yang mengakibatkan abrasi, akar-akar pohon sekitar pantai yang semula sebagai kekuatan menahan air laut saat pasang menjadi hilang karena rusak maupun akibat penebangan, abrasi pantai yang tidak parah bisa dengan penamaman kembali pohon-pohon tepi pantai seperti pohon kelapa, pohon, ketapang, pohon nyamplung, pohon waru, pohon bakau, mangrove, dadap api, dan banyak pohon-pohon lain yang hidup baik di tepi pantai.

Pantai Wisata

Pantai wisata merupakan kawasan pantai sebagai tempat wisata, pada umumnya kawasan pantai sebagai tempat wisata mempunyai pesona keindahan sehingga menarik untuk dikunjungi dan mempunyai kenyamanan sebagai tempat wisata. Pantai dengan tempat-tempat aktivitas wisata, pantai dengan keindahan alamnya, pantai dengan gelombang lautnya bagus, pantai yang banyak ikan maupun hasil lautnya, selalu menjadi daya tarik wisata untuk disusuri dan dinikmati pesona keindahan alamnya. Pantai Wisata di Indonesia sangat banyak dari Sabang sampe Merauke, sebagai negara kepulauan mempunyai ribuan pantai-pantai indah dengan karakteristik dan exotika setiap pantainya. Pantai Populer di Indonesia berjumlah ratusan dengan keindahan pantai, alam sekitar pantainya mampu populer hingga ke Mancanegara, sebagai tempat liburan favorit. Pantai-pantai di Pulau Bali sebagai satu contoh mampu menjadi sangat populer sebagai kawasan wisata terpopuler di Indonesia dikunjungi jutaan wisatawan lokal dan wisatawan Mancanegara. Pantai wisata dengan pantainya yang landai merupakan lokasi aman untuk renang, seperti Pantai Ancol, Pantai Pangandaran, Pantai Kuta dan banyak lagi, pantai yang mempunyai gelombang laut tinggi dan menawan merupakan pantai sebagai lokasi surfing yang menantang, seperti Pantai Cidaun, Pantai Batu Karas, >>>

No comments:

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :