Green Canyon

Green Canyon
GREEN CANYON
Cukang Taneuh (Green Canyon) satu ngarai populer yang menjadi primadona wisata di Pangandaran Selatan Jawa Barat, Cukang Taneuh (Green Canyon) lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai wisata populer Pantai Pangandaran berjarak 31km atau bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan berkendara dengan motor maupun mobil. Green Canyon / Cukang Taneuh ini terletak di Dusun Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran-Jawa Barat.

Pesona Green Canyon / Cukang Taneuh begitu cepat populer karena keindahan dan keasriannya sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan Green Canyon dapat dinikmati dengan menyewa Perahu Pesiar di Dermaga Green Canyon (Cisereuh) dari sini dimulainya sebuah petualangan wisata seru dan menawan dengan suguhan keasrian alam, aliran sungai hijau tosca yang bening, disisi sungai ngarai-ngarai indah dengan batu karang elok berlatar rimbunnya pepohonan dan suasana sejuknya alam menjadi sajian lengkap dari obyek wisata populer yang satu ini.

Green Canyon
GREEN CANYON
Cukang Taneuh sejak resmi sebagai obyek wisata (1993) dan lebih populer dengan nama Green Canyon semakin banyak wisatawan yang berkunjung, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Green Canyon awalnya bernama Cukang Taneuh yang artinya Jembatan Tanah, warga sekitar menyebutnya.

Setelah Cukang Taneuh dan sungai Cijulang berhasil di telusuri dengan pesona keindahan dan keunikannya oleh wisatawan asal Ferancis Bill John, karena keunikan dan keindahan tempat ini dan adanya sisi kemiripan dengan Grand Canyon Colorado Amerika, dan mempunyai nuansa air sungai Cijulang yang Hijau jernih maka memberi nama tempat ini ( Cukang Taneuh ) menjadi Green Canyon.

Baca Juga:
1. Homestay Murah Pangandaran
2. Penginapan, Rumah Penduduk Lebih Murah

Penelusuran keindahan wisata Green Canyon dengan perahu tidak hanya sampai disini, banyak keindahan yang akan ditemui di tempat ini, relief alam yang terukir di dinding batu karang sebagai pemandangan mata yang indah, pada sebuah akhir perjalanan dengan perahu akan disuguhkan pemandangan alam yang lebih menakjubkan bebatuan yang indah, dinding gua alam dengan hiasan stalagmit dan stalagmit yang menakjubkan, dilokasi ini bisa merasakan sejuknya sungai Cukang Taneuh dengan berenang atau snorkeling melihat keindahan lubuk-lubuk bawah sungai dengan aneka biotanya menjadi pemandangan menarik untuk dinikmati,

Pemandian Putri Green Canyon atau Hujan Abadi juga bisa dinikmati di tempat ini, yaitu air yang keluar dari dinding atap gua menyerupai air hujan dan tidak berhenti walau musim kemarau, kesejukan air yang keluar dari langit-langit gua merupakan penomena alam yang menawan, dan tidak jauh dari Pemandian Putri akan temukan sebuah batu besar dan agak tinggi dengan bentuk atasnya melengkung menyerupai payung, dengan ketinggian sekitar 5-6 meter dari permukaan air sungai.

Batu Payung Green Canyon bisa dicoba untuk menguji andrenalin meloncat dari tempat ini menceburkan diri ke sejuknya aliran sungai Green Canyoon. Selain itu bisa menikmati aliran sungai Cukang Taneuh menghanyutkan diri dengan memakai jaket pelampung yang dipakai dan disediakan pemilik perahu pesiar dan dipakai pada awal naik perahu.

Green Canyon
GREEN CANYON
Menuju Obyek Wisata Green Canyon bisa dilalui semua kendaraan, juga tersedia angkutan umum dari Terminal Pangandaran.

Hotel dan Penginapan di sekitar Green Canyon bisa ditemukan di Kawasan Pantai Batu Karas yang tidak jauh dari Green Canyon atau di Pantai Pangandaran dengan banyak pilihan.

Tips Wisata Green Canyon :

* Ada baiknya mengunjungi Green Canyon pada saat musim kemarau karena pada musim ini sungai Green Canyon warnanya menawan hijau toska dan lebih jernih sehingga kegiatan wisata akan lebih menarik.
* Bawa perbekalan makanan dan minuman secukupnya sebelum mulai berwisata di Green Canyon karena didalam setelah naik perahu tidak ada pedagang ( Jangan buang sampah sembarangan ).
* Bawa pakaian buat ganti jika anda berniat basah-basahan.
* Bawa uang cash karena di sekitar lokasi belum tersedia ATM.

No comments:

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :