Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran
CAGAR ALAM PANGANDARAN
Cagar Alam Pangandaran ini berada di Kawasan Wisata Pangandaran-Jawa Barat, Cagar Alam dengan posisi terbaik diantara semenanjung dengan jelas terlihat Hijau dan rimbun Cagar Alam, biru laut Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran begitu kontras terlihat.

Cagar Alam Pangandaran adalah sebuah hutan lindung dan Taman Wisata Alam ( TWA ) dengan banyak hewan dan tumbuhan dapat dijumpai, tidak hanya itu Cagar Alam Pangandaran adalah lokasi wisata dengan banyak gua, peninggalan sejarah ( situs Sejarah ), juga terdapat Sebuah Sendang fenomenal yaitu Sendang Rengganis, penduduk sekitar menyebutnya Cirengganis.

Di Cagar Alam Pangandaran lebih masuk ke dalam hutan tropis ini akan menjumpai sebuah Air Terjun, Curug indah yaitu Curug Pananjung atau Pangandaran Waterfall, yang sangat disukai terutama pengunjung Mancanegara.

Cagar Alam Pangandaran disisi kanan dan kirinya terdapat pantai berpasir putih yang indah, Pantai Pasir Putih Pangandaran terkenal sebagai lokasi snorkeling yang menawan untuk menikmati biota bawah laut yang indah.

Pantai Pasir Putih Pangandaran
Pantai Pasir Putih Pangandaran
GOA ALAM dan GOA BUATAN di Cagar Alam Pangandaran

Ada sejumlah GOA dapat dijumpai dengan Stalagmit dan Stalagnit indah beraneka bentuk dapat dilihat di Guha-Guha Cagar Alam Pangandaran, diantaranya :
- Goa Lanang,
- Goa Keramat,
- Goa Miring,
- Goa Panggung,
- Goa Landak,
- Goa Sumur Mudal,
- Goa Jepang
Goa Jepang yaitu goa buatan yg di buat selama pendudukan Jepang di Pangandaran pada masa perang dunia ke 2 dinamakan Goa Jepang.

Aneka hewan juga banyak dijumpai di Cagar Alam Pangandaran diantarannya:
- Kera / Monyet
- Lutung,
- Rusa,
- Landak.
- Sapi Hutan,
- Ular,
- Biawak,
- Tupai dan Bermacam-macam burung,
- Rangkong,
- Jalak,
- Murai,
- Nuri dan banyak lagi, selain itu juga bisa dijumpai Kelelawar, Kalong dan yang lainnya.

Cagar Alam Pangandaran suasananya sejuk dan pesona alam yang menawan karena merupakan hutan basa tropis dengan aneka tumbuhan yang beragam dan sebagai hutan lindung yang dijaga supaya tetap asri.

Cagar alam Pangandaran dapat di tempuh dengan Perahu Pesiar yang ada di Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran atau dengan jalan kaki dari Pintu masuk Cagar Alam Timur maupun Pintu masuk Barat.

Cagar Alam Pangandaran selalu ramai pengunjung, pesona hutan basa tropis ini sangat menarik pengunjung dengan keanekaragaman hayati dan kegiatan wisatanya, di Cagar Alam Pangandaran, dapat menikmati aneka olah raga ketangkasan seperti PlayingFox dan OutBond.

Situs Sejarah Batu Kalde juga bisa menjadi wisata sejarah di Cagar Alam Pangandaran, peninggalan jaman Hindu pada masa Kerajaan Galuh Pangauban ini tidak jauh dari Pintu Masuk Cagar Alam Pangandaran.

Tips Wisata di Cagar Alam Pangandaran :
* Gunakan Jasa Pemandu,
* Hati-hati dengan barang bawaan sobat karena banyak kera berkeliaran,
* Bawa perbekalan secukupnya dikemas rapi dan aman agar tidak mengundang agresifitas kera,
* Pakai sandal atau sepatu yang nyaman,
* Buang sampah pada tempatnya.

Lengkapi wisata di Pangandaran dengan mengunjungi Cagar Alam Pangandaran-Jawa Barat Indonesia...

No comments:

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :