Nyiur Tepi Pantai Timur Pangandaran

Nyiur Tepi Pantai
Nyiur yang indah di tepi Pantai Timur Pangandaran saat tersinari cahaya matahari pagi Pantai Timur Pangandaran. Nyiur tepi Pantai Timur Pangandaran yang begitu mempesona melambai-lambai ditiup angin laut Pantai Timur Pangandaran.

Pagi yang mempesona di Pantai Timur Pangandaran diantara nyiur pantai yang menawan. Banyak Pohon Kelapa di Pantai Timur Pangandaran sebagai jalur hijau dan peneduh saat menikmati Pantai Timur Pangandaran pada siang hari.
Nyiur adalah konotasi atau nama lain untuk pohon kelapa, biasanya nyiur diidentikan dengan pohon-pohon kelapa di tepi pantai, Hampir seluruh tepi pantai di Indonesia dan negara-negara lain di Dunia merupakan tempat yang baik untuk tumbuh pohon kelapa.

Tepi pantai menjadi tempat yang subur untuk pohon kelapa.
Pohon kelapa di tepi pantai selain ditanam ada juga yang tumbuh dengan sendirinya, buah kelapa yang sudah tua biasanya akan jatuh dan terbawa gelombang pantai hingga jauh, suatu saat menepi dan tumbuh didaerah tersebut.

Nyiur tepi Pantai Timur Pangandaran, adalah merupakan peneduh tepi Pantai, yang ditanam untuk jalur hijau, penyejuk dan memperindah kawasan Pantai Timur Pangandaran.

Pangandaran merupakan tempat yang subur untuk tumbuh dan berkembangnya Pohon Kelapa, dulu sejak penjajahan Belanda, di Pangandaran dibuat Perkebunan kelapa dan ditanami juga pohon kakao, atau orang Pangandaran menyebutnya pohon coklat karena buah dari pohon kakao adalah bahan dasar untuk membuat makanan coklat, di Perkebunan Kelapa Pangandaran juga dulunya terdapat Pabrik minyak kelapa dan Pabrik penggilingan biji buah kakao. Setelah Indonesia Merdeka perkebunan kelapa di Pangandaran dikuasai oleh Pemerintah Republik Indonesia dan dikelola oleh PTP XI. Sekitar tahun 1990, pohon-pohon kelapa dan pohon kakao di Perkebunan Kelapa di Pangandaran mulai tua dan banyak yang mati, sehingga sekarang bekas perkebunan Kelapa Pangandaran, dikelola warga sekitar Pangandaran untuk pertanian Padi dan Palawija. Sekarang perkebunan kelapa Pangandaran di kelola oleh Startrust, dan tanahnya dikelola warga untuk pertanian dengan sewa lahan yang sangat ringan.

Nyiur indah begitu mempesona dan menawan tertata rapi di antara treek dam dan jalan raya Pantai Timur Pangandaran.

Banyak keindahan nyiur tepi pantai, ada sebagai nama hotel di Pantai Pangandaran, yaitu Hotel Nyiur Indah Pangandaran, Nyiur hijau di tepi Pantai juga di gunakan untuk syair sebuah lagu Nasional, yang berjudul Nyiur Hijau.

Nyiur tepi pantai merupakan pelengkap keindahan pantai sejak lama dan akan tetap menjadi kesatuan yang tak terpisahkan, karena pantai tempat terbaik tumbuhnya nyiur..

No comments:

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :