Berenang di Pantai Pangandaran

Mengunjungi obyek wisata Pangandaran dengan pantainya yang indah dan landai, gelombang air laut yang terbilang tenang, terkecuali jika saat musim angin barat dan pancaroba, semua bisa berubah gelombang menjadi tinggi dan arus balik bawah menjadi begitu deras dan ini sangat berbahaya. Berenang di Pantai Pangandaran merupakan salah satu pilihan favorite para pengunjung Pantai Pangandaran. Terbukti saat liburan banyak para pengunjung yang asik berenang di Pantai Barat Pangandaran. Berenang di Pantai Pangandaran memang sungguh menyenangkan, tetapi anda juga harus memperdulikan keselamatan jiwa anda dan keluarga juga tentunya. Berenang di laut tidak sama dengan berenang disungai, empang, ataupun kolam renang. Perubahan angin dan cuaca bisa berpengaruh pada arus air laut, gelombang dan arus balik bawah, yaitu arus air laut yang kembali dengan sangat cepat ke tengah lautan.

Beberapa hal yang mengakibatkan kecelakaan saat berenang diantaranya:

[1]. Pakaian yang dipakai, saat anda berenang hendaklah memakai pakaian yang ringan, bukan dari bahan jeans apa lagi memakai celana panjang jeans, ini membuat berat saat berenang.

[2]. Berenang ditempat yang berbahaya. Papan pemberitahuan dan bendera merah sebagai tanda daerah pantai tersebut berbahaya, tetapi masih saja tidak diperdulikan. Patuhi peraturan yang ada, Berenang di tempat renang yang aman.

[3]. Berenang terlalu Pagi. Sehingga saat anda berenang tidak mendapat pengawasan dari pihak Penjaga Pantai / Bala Wista. Waktu anda berenang setelah pukul 06.00wib sampai 17.00wib.

[4]. Berenang tidak dilengkapi alat pengaman, jaket pelampung yang bisa dipakai di badan anda, ban atau boogie dengan mengikatkan talinya ke lengan anda, sehingga alat-alat pengaman tersebut bisa membantu anda pada saat terseret arus atau tergulung ombak.

[5]. Berenang terlalu jauh. Hendaklah jangan berenang terlalu jauh, banyak arus balik yang tidak terduga dan gelombang sewaktu waktu berubah besar.

[6]. Perhatikan lalu lalang Perahu Pesiar. Anda juga jangan terlalu asik berenang, karena dilokasi berenang adalah lokasi Perahu Pesiar juga.

[7]. Kesehatan. Anda hendaknya jangan memaksakan berenang jika anda kurang fit atau kurang sehat. 

Daerah yang aman untuk berenang di Pantai Pangandaran, menurut saya pribadi, adalah dari pagar Cagar Alam kurang lebih 25m. karena kearah utara dulunya banyak sungai sehingga memungkinkan dasar pantainya agak dalam dan itu bisa membahayakan. Pihak Balawista sudah memberi batas aman untuk para perenang yang harus ditaati demi keselamatan anda.

Ciri-ciri tempat berbahaya untuk renang:

[1]. Terlihat permukaan air tidak tenang atau beriak, sudah bisa dipastikan ada palung air.

[2]. Permukaan pasir pantainya tidak rata, agak menjorok ke dalam..bisa dipastikan dasar lautnya lebih dalam.

[3]. Berbalik arah menghadap ke daratan pastikan tidak ada selokan atau jembatan atau got. Jika ada bisa dipastikan dasar laut yang searah dalam dan berbahaya karena ada selokan atau sungai di dasar laut.

[4]. Air laut berwarna biru gelap, berarti sangat dalam.

Info dari beberapa surfer dan beberapa fihak yang pernah saya tanya. Mohon maaf atas kekurangannya..silahkan apabila ada yang mau menambahkan.

Kawasan renang di Pantai Pangandaran yaitu dari Pos 1 sampai Pos 2, berenang tidak terlalu jauh, mengunakan alat pengaman renang seperti jaket pelampung, ban, bogie, dan mentaati himbauan tim Penjaga Pantai ( BALAWISTA ). Semoga renang di Pantai Pangandaran menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan untuk sobat pantaiku-ini.blogspot.com.

No comments:

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran, silahkan hubungi kami :