Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu
PANTAI BATU HIU
Pantai Batu Hiu ini terkenal sebagai pantai khas memiliki ciri batu karang mirip hiu dengan lokasi dekat Pantai Pangandaran sekitar 14km, Batu Hiu terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat-Indonesia.

Objek Wisata Pantai Batu Hiu selalu ramai dikunjungi setiap hari minggu maupun saat musim liburan. Batu Hiu selain pantainya indah juga terdapat sebuah bukit asri dengan banyak pohon yang rindang, dari bukit Batu Hiu ini dengan jelas terlihat batu karang di tengah pantai menyerupai ikan hiu berjarak sekitar 200m dari tepi bibir pantai, tidak hanya itu dari bukit asri ini, laut lepas Samudera Hindia begitu jelas terlihat.

Pemandangan indah Pantai Batu Hiu dengan semilir angin dan pemandangan hamparan laut lepas menjadi tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Di sebelah utara bukit bisa dijumpai beberapa petilasan makam keramat, konon merupakan petilasan tokoh-tokoh yg ada kaitannya dengan sejarah Pantai Batu Hiu.

Legenda Pantai Batu Hiu begitu fenomenal mewarnai tempat wisata ini, mitos, cerita-cerita rakyat yg dihubungkan dengan lokasi ini juga lumayan banyak. Disisi timur bukit Batu Hiu dapat dijumpai karang-karang terjal dan curam, biasanya dari tebing ini nelayan memancing atau memasang pintur ( alat untuk menangkap Kepiting, udang lobster atau cumi-cumi, terbuat dari bambu dibelah selebar 3-5 CM dibuat menjadi lingkaran dan memakai jaring sebagai perangkapnya, dikasih pemberat supaya dapat tenggelam sampai ke dasar, juga diberi tali panjang dan pelampung supaya mengambang di permukaan air laut untuk memudahkan mengambil dan memeriksa hasil tangkapan, atau diikatkan pada pohon sekitar tebing, sebelum memasang alat ini harus memakai umpan yang dikaitkan pada jaring berupa potongan ikan ), dasar laut yang berkarang merupakan habitat yang disukai kepiting, udang lobster dan cumi-cumi.

Batu Hiu
BATU HIU
Objek wisata Pantai Batu Hiu dari Kota Ciamis berjarak sekitar 106 km bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, juga dapat menggunakan kendaraan umum jurusan Parigi / Cijulang berhenti di Jalan menuju Pintu Masuk Objek Wisata Pantai Batu Hiu, diteruskan dengan menggunakan jasa ojek atau jalan kaki berjarak sekitar 200m bisa langsung temukan Pantai Indah Batu Hiu.

Losmen dan Penginapan Kawasan Pantai Batu Hiu dapat menjadi pilihan menginap atau di Pantai Pangandaran dengan lebih banyak pilihan Hotel dan Penginapan.

BATU HIU PANGANDARAN
BATU HIU PANGANDARAN

Sunset Pantai Batu Hiu bisa jadi pilihan kegiatan wisata sore jika matahari bersinar cerah, atau wisata belanja dengan banyak kios di sekitar kawasan pantai ini, beberapa kios dan kedai makan dapat juga sebagai pilihan kegiatan wisata kuliner.

Pantai Batu Hiu ke arah barat ada sebuah jalan tepi pantai jika disusuri jalan ini maka akan sampai ke Pantai Bojong Salawe yang masih termasuk wilayah Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.
Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :