Laut Kidul Jawa Barat

Laut Kidul Jawa Barat
Samudra Hindia di selatan Pula Jawa banyak disebut sebagai Pantai Selatan atau Laut Kidul, Pantai Pangandaran-Jawa Barat juga termasuk dalam wilayah Laut Kidul atau Pantai Selatan.

Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Anyer, Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Parang Tritis, Pantai Parang Kusumo, dan Pantai-Pantai lain di Selatan Pulau Jawa banyak yang menamakan Pantai Selatan atau Laut Kidul.


Pantai Pangandaran di Selatan Jawa Barat, sering dinamakan laut kidul Jawa Barat, karena letak Pantai Pangandaran berada di selatan Jawa Barat. Laut Kidul sangat kental dengan Legenda Ratu Penguasa Pantai Selatan yaitu Nyi Ratu RORO KIDUL, atau banyak masyarakat yang menyebut Ruh Wali, Penguasa Pantai Selatan. Masarakat sekitar Laut Kidul yang masih kental dengan adat, dan menghormati budaya leluhur masih sering mengadakan ritual untuk menghormati keberadaan Ratu Laut Selatan.

Acara syukuran berupa sesaji yang di larung di Laut Kidul atau Pantai Selatan, dilakukan masyarakat sekitar Pantai Selatan setiap 1 tahun sekali yaitu setiap bulan Sura atau Muharam biasanya hari Jum'at Keliwon atau Selasa Keliwon. Acara syukuran ini juga sering dilakukan para Nelayan di Laut Kidul atau Pantai Selatan. Di Pantai Pangandaran, acara syukuran nelayan atau Hajat Laut merupakan kegiatan tahunan dan menjadi event wisata yang menarik dan disukai para wisatawan terutama wisatawan Mancanegara.

Syukuran Nelayan Pantai Selatan atau Pesta Hajat laut adalah merupakan Pelestarian dan melestarikan budaya lokal sebagai kearifan kekayaan budaya Nasional dan menghormati lelulur, juga sebagai even wisata yang menarik wisatawan terutama di Pantai-pantai tempat wisata, seperti Pantai Pangandaran dan wisata Pantai Selatan lainnya di Pulau Jawa.

No comments:

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :