Pangandaran Tempat Wisata

Pangandaran Tempat  Wisata

Pangandaran Tempat  Wisata

Pangandaran adalah tempat wisata merupakan kota kecil berjarak 92 km di selatan Kota Ciamis, masuk dalam wilayah Jawa Barat, Indonesia. Pangandaran juga terletak di selatan Pulau Jawa dan menghadap langsung Samudra Hindia. Pangandaran sangat terkenal sebagai tempat wisata, mempunyai Pantai indah terpilih sebagai salah satu pantai terbaik di Pulau Jawa dan menjadi tempat surfing menawan.

Pangandaran biasanya setiap bulan Juli digelar Festival Layang-layang Internasional pesertanya dari berbagai negara di Dunia karena merupakan even Internasional.

Pangandaran sore hari bisa menyaksikan ribuan Kalong melintasi wilayah Pangandaran, terbang dari Cagar Alam Pangandaran menuju pegunungan di utara Pangandaran, dan Kalong kembali ke Cagar Alam pada saat menjelang subuh. Dulu di Pantai Pangandaran bisa kita jumpai warga yang memancing Kalong dengan menaikan layangan dengan memakai pancing pada senar layangan, tetapi sekarang ada larangan dari pihak Polisi Hutan Cagar Alam Pangandaran, karena bisa berakibat akan mengurangi populasi Kalong. Daging Kalong menurut ahli pengobatan Cina baik untuk kesehatan dan bisa untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Pangandaran Tempat  Wisata


Sebuah kepercayaan warga setempat adanya larangan memakai pakaian berwarna hijau, konon akan membuat marah Nyi Roro Kidul yaitu Roh Wali Ratu Penguasa Pantai Selatan, jika dilanggar konon akan mendatangkan kesialan atau malapetaka bagi pemakainya.

Cagar Alam Pananjung Pangandaran berada diantara semenanjung dua pantai, dengan sebuah tanah genting atau rawan yang hanya berjarak kurang lebih 200 meter, dan kita bisa melihat sunrise di Pantai Timur dan sunset di Pantai Barat, terutama saat Matahari bersinar cerah melintasi Pangandaran. Tentang Cagar Alam yang menjadi kepala semenanjung adalah merupakan hutan basah atau hutan tropis, dengan aneka tumbuhan dan hewan juga belum pernah ada pengolahan tanah sehingga bisa tumbuh Bunga Raflesia di Cagar Alam Pangandaran.
Pantai Barat

Pangandaran pernah digoncang gempa besar sekitar 7,6 skala richter yang mengakibatkan warga sekitar berlarian menyelamatkan diri mengungsi ke pegunungan di utara Pangandaran, juga mengakibatkan kerusakan parah hingga 500meter dan menimbulkan banyak korban jiwa, warga sekitar, pengunjung wisata, dan wisatawan asing.

Pantai dan Wisata
Pantai Barat

Pangandaran memiliki pantai yang indah dan wisata yang menawan, pantainya landai cocok untuk renang dan sisi pantai lain mempunyai ombak yang menawan sebagai lokasi surfing yang bagus. Pantai Pangandaran terus berkembang dan populer oleh para surfer sebagai tempat surfing yang menantang. Juga didirikan kursus surfing dan penyewaan alat surfing. Hingga beberapa surfer Pangandaran menjadi atlit surfing terkenal sampai keluar negeri. Disamping itu di Pangandaran semenanjung yang menuju Cagar Alam Pangandaran, kedua sisi pantai baik pantai barat dan timur merupakan pantai yang berpasir hitam dan beberapa tempat berpasir putih di area Cagar Alam Pangandaran. Keindahan Pangandaran sebagai tempat wisata yang mempesona selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat hari libur besar yaitu liburan Tahun Baru dan Liburan Idul Fitri Setelah Rhamadhan.

Pangandaran pada malam hari kita bisa menikmati musik dan karaoke, beberapa pub, cafe dan hotel juga menggelar live musik. Pangandaran saat purnama bisa menikmati indahnya pangandaran pada malam hari di pinggir Pantai Pangandaran.

Even Wisata Pangandaran yang sering digelar diantaranya,
- Festival Layang-layang Internasional
- Syukuran Nelayan Pangandaran atau hajat laut Pantai Pangandaran.
- Pagelaran musik

2 comments:

NEISYA ZAHRAINY said...

be the best blog maker,,,,

yan® said...

he thank
you.. Kayanya msh jauh he.. Harus terus belajar..

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran, silahkan hubungi kami :