Pangandaran Musim Angin,Nelayan Libur Melaut

Pangandaran Musim Angin,Nelayan Libur Melaut
Wilayah Pangandaran sekarang musim angin barat, Nelayan Pantai Pangandaran banyak yang libur melaut. Angin bertiup kencang sejak hari kemarin di wilayah Pantai Pangandaran dan Sekitarnya, nelayan-nelayan di Pantai Pangandaran yang biasa melaut, sejak tadi malam banyak yang libur untuk tidak melaut, Pandagan (tempat jemur ikan asin) yang biasanya penuh ikan asin yang dijemur sekarang kosong karena pemiliknya libur tidak melaut. Sekarang sudah memasuki musim angin barat di Wilayah

Pangandaran dan Sekitarnya, yaitu musim angin yang bertiup cukup kencang dari arah barat, merupakan siklus alam tahunan yang biasa terjadi di wilayah Pantai Pangandaran, selain angin barat di Wilayah Pantai Pangandaran juga ada musim angin timur yang sering melanda Kawasan pantai ini setiap tahunnya.

Kios-kios pingir Pantai Pangandaran, terutama di Kawasan Pantai Barat Pangandaran memilih tutup karena selain angin yang bertiup kencang juga banyak pasir dan debu berterbangan.

Setiap angin barat biasanya nelayan Pantai Pangandaran libur melaut, walaupun ada yang melaut biasanya hanya di wilayah Laut Pantai Timur Pangandaran tidak sampai ke tengah laut lepas seperti biasanya pada saat tidak musim angin barat. Pada musim angin barat biasanya Nelayan Pangandaran menggunakannya untuk memperbaiki perahu, mesin perahu, jaring maupun alat mancing seperti rawe ( alat mancing dengan menggunakan banyak kail / pancing ) dan peralatan melaut lainnya. Semoga musim angin barat di kawasan Pantai Pangandaran tidak berlangsung lama, karena pada musim angin barat selain angin yang bertiup kencang, gelombang laut pun tinggi dan ini berbahaya untuk melaut.

Musim angin barat semoga tidak berkepanjangan dan angin berhembus kembali normal, karena jika berlangsung lama bisa membuat musim paceklik ikan dan paceklik buat nelayan karena libur tidak melaut.

Musim angin barat di kawasan Pantai Pangandaran juga membuat nyiur tepi pantai tak henti melambaikan daunnya berputar-putar diterjang hembusan angin yang kencang ini. Nyiur tepi Pantai Pangandaran yang banyak tumbuh dipinggir pantai ini di tepi-tepi pantainya.

Saat musim angin barat di Kawasan Pantai Pangandaran, tidak hanya nelayan yang libur melaut, Kios dan toko pedagang pinggir pantai banyak yang memilih tutup, terutama yang menghadap langsung Pantai Barat Pangandaran.

Musim angin barat di Pantai Pangandaran kerap menjadi hal yang menakutkan karena anginnya bertiup sangat kencang dan kadang lama, bahkan pernah memporak-porandakan kawasan Pantai Pangandaran dan sekitarnya, semoga tidak sampai terjadi di tahun ini.

2 comments:

Dewa dewi said...

pangandaran memang mempesona,

Pantaiku-ini said...

ya semoga Pangandaran tambah populer dan tetap menjadi primadona wisata di Jawa Barat, trimakasih atas kunjungan baliknya.

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran, silahkan hubungi kami :