Nelayan Pangandaran Akan Menggelar Syukuran

Nelayan Pangandaran Akan Menggelar Syukuran
Syukuran Nelayan Pangandaran akan digelar 2 hari lagi, Hajat Laut (Syukuran Nelayan) Pangandaran yang merupakan acara rutin tahunan dilaksanakan setiap Bulan Muharam, dengan Prosesi Upacara Adat pada hari Kamis Wage mendatang.

Syukuran Nelayan Pangandaran akan diselenggarakan pada hari Kamis, 6 Desember 2012 berlokasi di Kawasan Pelelangan Ikan Pantai Timur Pangandaran.

Syukuran Nelayan ( Hajat Laut ) Pangandaran merupakan even wisata dan Budaya di Pangandaran yang rutin digelar dari tahun ke tahun sejak dulu kala hingga turun temurun sampai sekarang.

Syukuran Nelayan Pangandaran merupakan perwujudan rasa syukur Nelayan dan Warga Pangandaran kepada Tuhan YME atas rizky dan karuniaNya yang telah diberikan dan berharap hasil laut Pangandaran berlimpah di waktu yang akan dijalani dan membawa berkah. Hajat Laut ( Syukuran Nelayan ) juga sebagai penghormatan kepada Penguasa Pantai Selatan Ibu Ratu Kidul ruh Wali yang memimpin Kerajaan Laut Selatan dan sepanjang kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa.

Prosesi Acara Adat Syukuran Nelayan Pangandaran dengan melarung Sesaji yang sebelumnya didoakan terlebih dulu oleh Pemuka Agama Islam dan Acara upacara adat dipimpin Sesepuh Pangandaran sebagai Pemangku Adat. Acara prosesi pelepasan sesaji untuk dilarung diiringi musik tradisional sunda dan kidung-kidung sunda, acara berlangsung hikmat dan dihadiri ribuan Nelayan, Warga Pangandaran juga pengunjung Wisata Pangandaran. Setelah prosesi acara pelepasan, Sesaji dinaikan ke atas kapal selanjutnya dibawa ke tengah laut untuk dilarung.

Sesaji acara Syukuran Nelayan berupa kepala Kerbau, Tumpeng Lengkap lauk pauknya, kembang setaman, Pakaian, Perhiasan emas dan segala kelengkapan sesaji.
Setelah sesaji dilarung ditengah laut, Para pemilik perahu mengambil air laut disekitar Sesaji di siramkan ke perahu dengan harapan dan dipercaya membawa berkah mendapat tangkapan hasil laut yang melimpah dan selalu diberi keselamatan.

Setelah acara larungan selesai Para Nelayan yang mengantar kembali dan disuguhkan berbagai hiburan, biasanya sih musik Dangdut..tapi ga tau acara kamis besok..he..

Acara malam Jum'at Kliwon biasanya Pengajian dan gelar doa bersama, untuk malam selanjutnya berbagai hiburan digelar, diantaranya Wayang Golek, Calung, Dangdut. Tidak hanya itu setiap Rukun Nelayan ( RN ) di Pangandaran juga menggelar acara Pesta syukuran ditiap wilayah RN secara bergantian. Pokoke meriah dan biasanya sih sampe 7 hari tuch acaranya.. Sebagai Informasi buat wisatawan jangan lewatkan nich acara yang akan digelar di Pangandaran setahun sekali, karena dijamin menarik untuk dinikmati dan dihayati sebagai warisan budaya leluhur yang kita syukuri masih dilestarikan di Pangandaran... Jangan lupa yo buat temen traveler.. menghadiri Syukuran Nelayan Pangandaran 2012.

No comments:

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :