Pantai Cimanuk

Pantai Cimanuk
Pantai Cimanuk terletak di Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat-Indonesia. Pantai Cimanuk adalah pantai dengan gelombang tinggi, terdapat banyak sungai bermuara ke pantai ini. Pantai Cimanuk memiliki 2 buah pulau kecil di tengah laut, dan rencananya akan dibuat water break penghubung antara pantai dan kedua pulau kecil di tengah laut Cimanuk.

Sekitar Pantai Cimanuk merupakan penambangan biji besi sebagai bahan pembuatan besi dan baja. Sebuah Tower Provaider celluler menghiasi pulau kecil di tengah laut Cimanuk, tetapi disekitar muara sungai Cimanuk saya tidak mendapatkan sinyal sama sekali 2 kartu ponsel dari 2 provaider yang saya bawa tidak mendapat sinyal sama sekali. Mungkin beda provaider dengan tower provaider yang menancap di pulau kecil tengah laut Cimanuk.

Sungai Cimanuk merupakan satu dari beberapa sungai yang mengalir ke Pantai Selatan, sungai ini lumayan besar dan menurut warga sekitar jika gelombang laut pasang sungai cimanuk sering meluap hingga ke pesawahan warga sekitar Cimanuk. Aliran Sungai Cimanuk berasal dari utara Cimanuk yang merupakan perbukitan dan lembah, masih banyak pohon-pohon besar, hingga aliran sungai bermuara di Pantai Cimanuk Tasikmalaya-Jawa Barat.

Desa Cimanuk merupakan desa yang membawahi wilayah sekitar Pantai Cimanuk-Cikalong. Jalan menuju Desa Cimanuk dari Pangandaran sudah bagus ber aspal mulus, karena beberapa waktu yang lalu sudah diperbaiki. Waktu tempuh dari Pangandaran - Pantai Cimanuk kurang lebih 3jam perjalanan dengan berkendara. Dari Pangandaran - Pantai Cimanuk bisa menggunakan bis umum dari Terminal Pangandaran atau angkutan kota dari Terminal Cijulang. Sepanjang perjalanan dari Pangandaran - Pantai Cimanuk diantaranya melalui Obyek Wisata Green Canyon- Pantai Legok Jawa- dan beberapa pantai lainnya. Sekitar 1 jam perjalanan bisa sampai ke Pantai Madasari-Tasikmalaya yang merupakan area Surfing paling menantang di Selatan Jawa Barat. Beberapa pantai tidak jauh dari pantai ini antara lain, Pantai Karang Tawulan, Pantai Kesik Luhur, merupakan Obyek Wisata Pantai di Tasikmalaya.

Peta Cimanuk dalam peta google merupakan terlihat sebagai rangkaian pantai-pantai di selatan Jawa Barat dengan aneka lekukan, dan semenanjung pantai, diselingi dengan sungai-sungai bermuara di pantai. Di perbukitan sekitar Cimanuk terdapat beberapa villa sebagai tempat santai pemiliknya, dengan latar bukit indah dan rimbunnya pepohonan menghadap laut lepas Samudra Hindia.

1 comment:

Unknown said...

nice.. pantai yang bagus, kebetulan saat perayaan tahun baru kemarin saya ke pantai pangandaran, dan saat pulang mengambil rute lewat sana, persis saat sunset saya melewati pantai cimanuk dan akhirnya saya menyempatkan untuk mengabadikan momen tersebut disana :)

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :