Ikan Asin, Jambal Roti Pangandaran

Ikan Asin, Jambal Roti
Tau ga teman yang namanya ikan asin Jambal Roti Pangandaran ? Atau ikan asin Jambal Roti cocok? Ikan asin yaitu jenis ikan yang di olah dengan permentasi garam.. Biasanya yang di pakai jenis garam krosok, yaitu garam yang masih kasar, tidak selembut garam yang ada di meja makan. Ikan asin dan ikan asin jambal roti banyak kita jumpai di pasar tradisional, kios asin maupun pedagang sayur. Ikan asin juga ada yang mahal yaitu ikan asin jambal roti, harga perkilonya hampir sama dengan harga daging sapi. Mahalnya ikan asin Jambal roti dikarenakan, kelangkaan bahan ikan untuk dibuat ikan asin jambal roti, jenis ikan untuk bahan membuat ikan asin jambal roti adalah jenis ikan Jahan dan ikan Kedukang, ikannya juga harus ukuran yang besar supaya kualitasnya bagus dan nikmat di makan setelah di masak maupun di goreng. Ikan asin dan Jambal roti banyak di jumpai juga di Pangandaran, dengan harga yang berpariasi tergantung dari jenis ikan asinnya.

Ikan asin juga tidak hanya dari ikan laut, ada juga yang bahannya dari ikan air tawar. Contohnya ikan asin air tawar,
¤ ikan asin Sepat
¤ ikan asin Mujair
¤ ikan asin Gabus dan manyak lagi, karena ikan apapun bisa di buat menjadi ikan asin.

Tujuan para perajin pembuat ikan asin atau nelayan membuat ikan asin dengan cara penggaraman adalah agar ikan bisa tahan lama dan awet, bisa dikonsumsi dan tetap aman dimakan.
Selain dengan penggaraman atau permentasi garam ikan juga bisa diasap atau pengasapan, di dendeng agar ikan tahan lama dan tetap sehat untuk disantap.

Proses Pembuatan Ikan asin dan ikan asin jambal roti tidak jauh beda sama-sama menggunakan bahan garam sebagai pengawet ikan, atau garam sebagai alat permentasinya.
Beberapa proses pembuatan ikan asin dan ikan asin jambal roti antara lain,

¤ ikan di belah dari bagian sisi punggung ikan sampe ekor hingga ketengah, tapi jangan sampe terbelah biarkan bagian perut terbuka, hingga bisa dilebarkan kedua sisinya seperti pada photo di atas.

¤ setelah dibelah ikan dibersihkan isi perutnya dan kotoran lain yang melekat .

¤ masukan ikan pada wadah dan taburi garam sampe merata.

¤ Biarkan selama satu malam, pagi hari di jemur sampe kering.
Beberapa langkah diatas cara membuat ikan asin secara sederhana.

Ikan asin juga bisa diolah menjadi menu masakan yang enak antara lain,

¤ digoreng
¤ di bumbu cabe hijau
¤ di goreng tepung atau iwak peyek.
¤ bisa dimasak sebagai campuran masakan. Seperti kering tempe, kering kentang dan banyak lagi.

Agar ikan asin saat di masak terasa tidak terlalu asin, ada tips sederhana, nich tipsnya:

¤ Ambil beberapa lembar kertas folio, atau ambil kertas folio secukupnya.

¤ rendam bersama ikan asin yang akan di masak kurang lebih 1/2 jam, lebih lama lebih baik karena kadar garam pada ikan asin akan lebih terserap oleh kertas folio.

¤ Selain dengan kertas folio bisa juga di rendam dengan air panas.

¤ cuci bersih ikan asin yang akan dimasak

¤ jika akan digoreng di jemur kembali ikan asin hingga kering.
Tips diatas semoga berguna buat yang akan memasak ikan asin tetapi tidak ingin terasa terlalu asin banget.

Pernah dilihat di pantaikuini para nelayan membuat ikan asin di Pangandaran, biasanya kalau jenis ikan laut yang tipis dijemur seharian juga kering, tp kalau jenis ikan asin jambal roti bisa sampai 2 hari baru kering. Para pengrajin pembuat ikan asin di Pangandaran masih menggunakan sinar matahari untuk proses pengeringan ikan asin.

Ikan asin juga bisa buat oleh-oleh jika berkunjung ke Pangandaran. Ikan asin di Pangandaran juga bisa di beli dikios-kios sentral jambal roti atau di Pasar Pangandaran. Selain asin kios jambal roti juga menjual,
¤ terasi udang khas Pangandaran,
¤ aneka kerupuk mentah dan sudah di masak,
¤ kerupuk ikan,
¤ kerupuk udang,
¤ kerupuk katak, kerupuk katak disini bukan katak yang di sawah, kerupuk katak adalah kerupuk yang diambil dari belut laut atau disebut belut Remang, yaitu di dalam perut remang ada gelembung seperti balon, dijemur setelah kering bisa di goreng, seperti kerupuk, harga kerupuk Katak juga mahal.
¤ asin udang, rebon, ebi dan banyak lagi.

Ikan asin dan ikan asin jambal roti juga bisa buat menambah lauk menu makan di rumah supaya bertambah nikmat, ikan asin juga cocok dengan, sambal dan sayur asem yaitu masakan khas sunda, nasi hangat, pasti enak dan lezat...

No comments:

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :