Babakan Pangandaran

Babakan Pangandaran
Babakan adalah sebuah desa diwilayah Pangandaran, tepatnya arah timur sebelum pintu masuk obyek wisata Pantai Pangandaran. Desa Babakan di kepalai oleh Kepala desa dibantu oleh Sekertaris desa dan perangkat desa, Desa Babakan di bagi menjadi 5 kampung yaitu,
* Kampung Bojong Karekes
* Kampung Kamurang
* Kampung Kalapa Tiga
* Kampung Karang Gedang
* Kampung Bojongsari

Setiap kampung dipimpin oleh Kepala Dusun atau Kepala Kampung, di bantu oleh RW dan RT. Masarakat Desa Babakan Pada umumnya Bertani, berdagang, PNS, Pegawai Swasta, Pengusaha, Polisi, ABRI, Nelayan dan Buruh.
Desa Babakan adalah wilayah paling timur Kecamatan Pangandaran, dengan batas Sungai Ciputra Pinggan, dekat Gardu Induk PLN, dan juga merupakan batas Desa Babakan. Sebelah timur Sungai Ciputra Pinggan masuk wilayah Kalipucang.

Untuk Batas bagian Barat Desa Babakan adalah Lampu Stopan sebelum TUGU HIU dan Pintu Masuk Obyek Wisata Pantai Pangandaran.
photo diatas diambil di Jalan Raya Babakan Km 1 sebelum Alfamart Babakan Pangandaran.

Beberapa wilayah di Desa Babakan juga memiliki lokasi Pantai diantaranya,
* Muara Ciletik
Yaitu muara dari sungai Cikidang yang bermata air dari Matras di daerah Cikulu Desa Sukahurip yang merupakan daerah batas utara Kecamatan Pangandaran dengan Kecamatan Kalipucang.
* Muara Putra Pinggan
Adalah muara dari Sungai Ciputrapinggan.
* Pantai Laguna
Pantai ini berada di sekitar Kampung Kamurang.
* Pantai Bulak Setra masuk dalam wilayah Kampung Bojong Karekes Desa Babakan. Tempat ini memiliki Pantai yang indah tetapi jarang wisatawan yang sampe ke Pantai ini.
Di Desa Babakan Pangandaran juga terdapat Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ) dan dermaga perahu nelayan Pantai Pangandaran. Beberapa Water Break atau Pemecah Gelombang juga banyak terdapat sekitar Pantai Muara Cileutik Babakan Pangandaran. jika menyusuri pesisir pantai ini bisa sampai ke Pantai Timur Pangandaran.

Desa Babakan memiliki 5 Sekolah Dasar ( SD ) yaitu,
* SD Negeri 1, 3 dan 5 yang berada di wilayah
Kampung Karang Gedang sekitar di Km 1,4
* SD Negeri 4 yaitu diwilayah Kampung Kamurang sekitar di Km 2,3
* SD Negeri 2 diwilayah Kampung Bojong Karekes sekitar di Km 2,5.
Selain SDN, di Babakan terdapat sebuah sekolah SLTP yang berada di kampung Cikulu, masuk Kecamatan Sukahurip, tetapi sebagian pelajar di SLTP Negeri 2 Cikulu banyak pelajar warga Desa Babakan, Desa Babakan juga memeliki sebuah SLA yaitu SMA Negeri 1 Pangandaran yang terletak di Kampung Kamurang, Dan Sebuah SMK Apoteker yang berlokasi di dekat SMA Negeri 1 Pangandaran, untuk kampus 2 SMK Apoteker di Bojong Tempel masuk Wilayah Kampung Bojong Sari.

Beberapa Perkantoran juga ada di wilayah Desa Babakan Pangandaran diantaranya,
* Kantor Pengadilan Agama di Kebon Carik masuk dalam wilayah Kamurang,
* Laboratorium Nyamuk, Dinas Kesehatan lokasinya tidak jauh dari Kampus SMAN 1 Pangandaran.
* Kantor Desa Babakan, berlokasi di wilayah Kampung Kamurang.
* Kantor Pelayanan Listrik Negara, yang berlokasi di Kampung Bojong Sari. Selain Perkantoran di Babakan Pangandaran juga terdapat beberapa show room kendaraan bermotor, Rumah Makan, dan Mini Market, warung Internet, bengkel kendaraan bermotor, Pertokoan dan lainnya.
Desa Babakan selain memiliki Kawasan Pantai juga mempunyai area pesawahan yaitu sebelah utara Kampung Karang Gedang dan Kampung Kalapa Tiga, dan sebelah timur bojong tempel, Kampung Bojong Sari. Terdapat juga area persawahan di belakang SMA N 1 Pangandaran bersebelahan dengan Kebon Carik masuk dalam wilayah Kampung Kamurang.

No comments:

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :