Pesona Wisata Pantai Pangandaran


Aneka ragam pesona dan wisata Pantai Pangandaran sebagai obyek aktifitas berwisata di Pantai Pangandaran, sangat menawan dan indah untuk dinikmati sebagai tempat wisata primadona Propinsi Jawa Barat dan Indonesia. Pesona yang menawan dari setiap keindahan tempat-tempat wisata yang ada di Pantai Pangandaran, sebagai obyek ber aktifitas wisata yang menyenangkan diantaranya Pantai Barat Pangandaran dan Cagar Alam Pangandaran.

,~ Aneka Pesona Wisata Cagar Alam Pangandaran ~,

Sebagai kawasan hutan lindung, dan hutan konservasi, Cagar Alam Pangandaran juga merupakan obyek dan tempat tujuan wisata yang mempesona, Cagar Alam Pangandaran merupakan obyek wisata dengan aneka wisatanya, obyek wisata hutan, wisata sejarah dan wisata air di Pantai Pasir Putih Pangandaran.

Bermacam aneka wisata dengan segala pesonanya merupakan sebuah kelengkapan sebagai obyek wisata yang mempesona. Cagar Alam Pangandaran juga merupakan Cagar Budaya dengan banyaknya Peninggalan sejarah dan situs-situs sejarah. Pesona Cagar Alam dan aktifitas wisata yang bisa dinikmati sebagai pesona wisata diantaranya :

¤ Pesona Wisata Hutan atau Wana Wisata

Banyaknya Pohon-Pohon Besar yang sudah berusia ratusan tahun menjadikan Cagar Alam Pangandaran tempat wisata yang sejuk dan asri, dan sebagai obyek wisata yang indah mempesona, cagar alam kaya akan ribuan jenis pohon, dan puluhan jenis pohon-pohon langka, Cagar Alam merupakan hutan konservasi dan tempat penelitian, banyak para mahasiswa yang mengadakan penelitian di Cagar Alam Pangandaran. Selain pohon dan tumbuhan, Cagar Alam Pangandaran tempat berkembang biak satwa langka dan dilindungi oleh negara diantaranya :
- Banteng
- Rusa
- Kera dan Lutung
- Landak
- Biawak
- Ular
- Trenggilin
- Aneka burung langka
- Rangkong
- Merak dan byk jenis burung
lainnya.
- Ular
- Kalong dan
Kelelawar
- juga aneka hewan
atau satwa lainnya.

¤ Pesona Wisata Air Pantai Pasir Putih Pangandaran

Pasir Putih Pangandaran merupakan Pantai yang berada di dalam kawasan Hutan Lindung Cagar Alam Pangandaran, Pantai Pasir Putih dengan air laut yang bersih, sangat cocok sebagai aktifitas wisata :
- Berenang
- Snorkeling
- Diving
- Surfing di area
Batu Mandi dengan pesona gelombang tinggi yang mempesona, cocok sebagai surfing area, tetapi banyak hal yang harus di waspadai karena area atau lokasi Batu Mandi banyak terdapat karang, hanya untuk para surfer yang sudah terbiasa surfing di tempat ini.
- Memancing
Untuk para penghobby mancing tidak jauh dari lokasi renang ke sebelah selatan sebelum Batu Mandi Adalah Spot memancing, dengan aneka jenis ikan-ikan karang dan ikan Caroang.

¤ Pesona Wisata Budaya dan Sejarah

Banyaknya tempat-tempat peninggalan bersejarah di Cagar Alam Pangandaran merupakan pesona aktifitas berwisata, diantaranya :
- Gua-Gua Peninggalan Jaman dahulu, dengan banyaknya makam keramat, di Gua Keramat dan Gua Parat. Banyak gua-gua peninggalan Jepang pada masa Penjajahan Jepang di wilayah Pangandaran pada masa perang dunia ke 2 ( WW II ).

Situs Batu Kalde

Situs ini merupakan situs sejarah yang masih misteri menurut saya karena masih simpang siur masa peradaban jaman apa?, tapi menut para ahli arkeologi, situs ini merupakan peninggalan jaman Hindu. Ada sebuah Arca berbentuk hewan sapi. Sehingga di namakan Situs Batu Kalde.

¤ Sendang Rengganis

Sebuah pemandian yang bermata air keluar dari dalam Gua, sebagai peninggalan Dewi Rengganis pada jaman kadewaan, tempat ini merupan tempat mandi Dewi Rengganis yang menurut cerita, seorang putri yang super sangat cantik jelita baget dan masih keturunan bidadari. ( Kenapa saya menyebutkan udah super, banget lagi akan kecantikannya? ).

Demikian uraian singkat tentang aneka pesona di obyek wisata Cagar Alam dan Pantai Pangandaran, yang menurut saya pribadi, Cagar Alam Pangandaran merupakan salah satu tempat di bumi ini yang super penuh misteri dan rahasia..

Semoga bermanfaat..

2 comments:

Sisil said...

Taman Prasejarah Leang-Leang dengan berbagai peninggalan warisan budaya dari masa pra sejarah, bahkan taman ini tercatat sebagai salah satu World Heritage yang ditetapkan UNESCO ;)

Yan® said...

trimakasih atas kunjungannya..

Apabila memerlukan informasi wisata, Panduan Hotel, Penginapan, Villa, rumah sewa, katering, Paket Wisata, Booking Hotel di Pangandaran 2024 silahkan hubungi kami :